Alor Creative di Lapas Kelas IIB Kalabahi

(Sebuah Pendampingan Lifeskills)

Oleh: Petrus Maure.          

Alor Creative membuat sebuah terobosan menjangkau saudara-saudara yang sedang tersandung masalah hukum dengan melakukan kegiatan pendampingan kerajinan batok kelapa, bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (7-14/12/2023) bertempat di gedung BINKER LAPAS. Kegiatan ini penting dilakukan untuk membekali ketrampilan selepas dari tahanan sehingga mereka bisa bertahan dan melanjutkan hidup dengan bijak. Ada empat orang yang mempunyai hobi membuat kerajinan.

Selain meningkatkan tenaga terampil kerajinan, kedepannya bisa menopang usaha kreatif dan Alor Creative siap menampung tenaga terampil untuk  membantu produksi kerajian dalam jumlah banyak. Usaha kerajinan di Alor memiliki  peluang pasar yang besar karena mempunyai wilayah pariwisata yang sangat luas, mulai dari wisata alam, budaya, agama, dan juga bawah laut.

Selama kegiatan pendampingan, teman-teman yang didampingi sangat senang, karena bisa menyalurkan hobinya sekaligus menghilangkan penat dan rasa jenuh selama masa tahanan. Bentuk kerajinan yang dipilih adalah batok kelapa yang sengaja dipilih karena mudah didapat dengan membuat asbak rokok dan tempat permen. Pada dasarnya agar teman-teman terbiasa dengan prinsip pembuatan kerajinan.

Selama kegiatan berlangsung kami mendapat kunjungan dari Kepala LAPAS dan beberapa pegawai sebagai bentuk dukungan dan apresiasi. Banyak saran yang diberikan agar lebih banyak lagi bentuk kerajinan yang bisa dikerjakan bersama teman-teman warga binaan. “Harapan mereka agar ketika bebas masa tahanan mereka bisa merubah stikma buruk yang melekat, bahwa mereka selalu berbuat kejahatan”, kata kepala LAPAS.

Proses adaptasi yang baik didalam masyarakat akan merubah stigma negatif yang ada. Memiliki kehidupan yang harmonis dan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat adalah harapan setiap orang terutama mantan narapidana. Hal tersebut didambakan karena sejatinya sebagai makhluk sosial, mantan narapidana juga membutuhkan pengakuan atas keberadaannya di tengah masyarakat. 

Alor Creative sangat berharap teman-teman warga LAPAS bisa menjadi tenaga handal untuk membantu memenuhi permintaan pasar, selain mendapat income sebagai uang tambahan walaupun dalam LAPAS. ***


Komentar